• 24 Apr 2014
  • read
  • Tw
  • Fb

Pengalaman Mendengarkan Musik Lewat Spotify

Screen Shot 2014-04-24 at 11.37.31 PM

Sudah seminggu ini saya coba layanan streaming musik, Spotify. Ya, Spotify yang sangat disayangkan hingga saat ini belum membuka jalur aksesnya secara resmi untuk Indonesia. Negara Asia Tenggara lain seperti Singapore, Malaysia dan terakhir Philipines sudah lebih dulu menikmati layanan Spotify secara resmi.

Lah terus kok saya bisa akses Spotify dari Indonesia? Ini karena saya pakai jalur tidak resmi hehe, berkat sebuah layanan proxy dalam bentuk ekstensi Chrome, bernama Hola. Silahkan googling sendiri Hola, saya gak akan bahas soal Hola.

Setelah seminggu nyoba layanan Spotify, impresi saya, nayamul nasekret alias lumayan terkesan. Beberapa hal yang bagus di Spotify antara lain: Library lagu-lagunya saya lihat cukup lengkap. Experience di web player-nya juga menyenangkan sekali. Interface-nya mudah, loncat-loncat antar artist page juga gampang. Mau bikin playlist dari lagu-lagu favorit kita juga gampang banget. Walaupun ada iklan untuk free account-nya, tapi saya gak ngerasa keganggu sama sekali, karena iklan (audio; seperti iklan radio) muncul di sela-sela setelah 3-4 lagu, masih sangat nyaman.

Tapi karena saya masih pakai account free, dan gak memungkinkan untuk langganan Spotify Premium atau Spotify Unlimited karena akses saya lewat jalur gak resmi, jadinya experience saya gak terlalu maksimal karena Spotify memang membatasi akses ke beberapa lagu, sehingga free user gak bisa akses beberapa musik tertentu sama sekali. Untuk free user, tiap lagu hanya dibatasi didengar 5 kali (kalau tidak salah dari yang saya baca di Help page-nya), tapi saya belum pernah dengerin satu lagu di Spotify lebih dari 5 kali.

Musisi Indonesia juga bisa saya temukan di Spotify. Saya coba cari 2 band besar Indonesia, Slank dan Burgerkill, dua-duanya sudah ada di Spotify.

Screen Shot 2014-04-24 at 11.58.26 PM

Kesimpulan sementara saya, setelah mencoba seminggu terakhir, dan dengan berbagai keunggulan layanannya, kalau nanti akhirnya Spotify membuka akses-nya untuk Indonesia, saya akan sangat mempertimbangkan untuk berlangganan account premium-nya. Sangat worth it.