• 15 Feb 2014
  • read
  • Tw
  • Fb

Social Share Bullshit

"We've found effectively no correlation between social share and people actually reading."

Cukup mengejutkan membaca fakta di atas yang saya kutip dari artikel di The Verge ini. Walaupun mengejutkan, tapi rasanya saya pernah punya prediksi serupa walaupun gak didukung dengan riset komprehensif.

Aktivitas berbagi konten di social media udah jadi bagian terpenting dari kultur social media itu sendiri. Tapi kalau apa yang kita share ternyata bahkan gak kita baca, dan begitu pula orang yang melihat link share kita dan dia sharing lagi ke orang lain, dan orang-orang lain juga gak baca jadinya apa maksudnya sharing? Cuman buat sekedar pencitraan aja? Ah, I really hate that word, pencitraan.

Jadi inget dulu pernah nge-tweet ini, "Gimana kalau ternyata gak ada sama sekali orang yang baca tweet lo". Perasaan bahwa tweet atau post kita dinikmati banyak orang karena tau bahwa followers kita banyak ternyata gak lebih dari imajinasi kita sendiri aja. Kenyataannya gak ada yang pernah baca tweet lo, tulisan di blog lo, atau apapun yang lo tulis dan share di social media. Kalau iya ada yang share, ada yang  comment atau reply, ada yang retweet, ada yang favorite, itu gak lebih karena kebutuhan orang itu buat exist, bukan karena dia mengapresiasi post lo.

Feeling empty and hopeless? You should be. Ah, you probably won't be bother to read this post anyway.